Selasa, 07 Februari 2012

Panduan Bisnis Online (Part 1)

Apa itu Bisnis Online?
Secara umum bisnis online dapat diartikan sebagai “Sebuah kegiatan bisnis yang dilakukan online dengan menggunakan perangkat komputer yang terkoneksi ke jaringan internet.” Perangkat tersebut bisa PC desktop, laptop, notebook, netbook, smartphone atau perangkat digital canggih lainnya. Jika kita memiliki sebuah komputer dengan sebuah koneksi adalah modal yang sangat cukup untuk memulai bisnis online.

Sulitkah Bisnis Online?
Tidak, Bisnis online hanya membutuhkan sedikit pengetahuan yang bisa diasah mulai dari sekarang. Pengetahuan yang diraih dengan “Learning by doing”. Pengetahuan yang ditemukan dari trial dan error. Serta pengetahuan yang didapat secara rutin serta dibutuhkan keseriusan dalam melakukannya.

Sistem Bisnis Online
Sistem bisnis online adalah dengan menjual, menawarkan, mempromosikan, mengiklankan. Merekomendasikan berbagai macam produk, layanan atau jasa yang dimuat di blog atau web, dan komisi atau penghasilan yang didapat berdasarkan tindakan, transaksi yang terjadi di web atau blog tersebut.
Sebagai contoh, produk PPC lokal kliksaya.com asuhan Pak David Chiang. Kisaran rata-rata komisi yang diberikan atas setiap iklan yang di klik oleh pengunjung adalah sebesar Rp 350. Bayangkan jika Anda memiliki blog atau web yang sangat ramai. Penuh sesak dijejali visitor hingga 1.000 visitor seharinya. Jika saja 10% dari 1.000 visitor tersebut mengeklik iklan yang kita pasang dari kliksaya.com, berapa Rupiah yang akan kita kantongi?
Selain PPC ada program PTC (Paid To Click). PTC adalah program bisnis di internet yang membayar setiap membernya untuk melakukan klik pada halaman tertentu dan menunggu selama beberapa detik untuk melihat iklan.
Sebagai contoh program PTC misal, jika kita melakukan 10 klik, dan setiap kliknya diberi komisi $0,1 maka berapa hasil yang kita dapat dalam sehari, $1 bukan? Kok sedikit? Iya, memang sedikit. Tapi harus kita tahu, program PTC tidak hanya 1, namun banyak ada sekitar 6 program lebih. Jika kita sehari mendapat $ 1 dikali 6 program dan dilakukan selama 30 hari maka hasilnya adalah:
10 klik x $ 0,1 (komisi) x 6 program PTC x 30 hari = $ 180 sebulan
Angka yang fantastis bukan hanya dengan modal “klak-klik” sana sini. Jika ditambah dari program PPC banyak bukan. Padahal program bisnis online di internet tidak hanya PPC dan PTC saja. Masih ragu untuk bermain bisnis online

Kelemahan Bisnis Online
Apakah bisnis online memiliki kelemahan? Tentu saja iya. Namun apabila kita telah mempelajari lubang-lubang yang bermasalah dan mengetahui cara untuk menambalnya, bukankah masalahnya sudah selesai? Masalah-masalah tersebut antara lain:
1.Koneksi internet. “Ono rego ono rupo”. Dengan tarif yang murah biasanya koneksinya bikin cepat marah. Dengan tarif yang murah pasti koneksi yang ditawarkan tidaklah sekencang tarif yang “wah” alias mahal. Lantas bagaimana cara mensiasati? Gunakanlah fasilitas internet gratisan yang ada, semisal hotspot, WiFi, atau sarana umum yang menyediakan layanan koneksi internet gratis untuk umum.
2.Membutuhkan waktu yang lama untuk sukses. Seperti halnya pegawai kantor yang butuh waktu satu bulan untuk mendapat gaji. Biasanya bisnis online perlu menunggu waktu 2 sampai 3 bulan untuk mengetahui hasilnya.Cara mensiasatinya adalah dengan membuat jadwal. Luangkan waktu sehari 2-3 jam untuk berbisnis online. Dan tetapkan jadwal, semisal hari senin fokus ke PPC, hari selasa PTC dan seterusnya.
3.Kemauan dan tekad. Bukan rahasia lagi jika bisnis online membutuhkan kemauan dan tekad yang luar biasa. Karena ketika awal terjun ke bisnis online, hasil yang didapat tidak akan seperti yang kita bayangkan. Berfikir positif adalah siasat ampuh untuk situasi demikian.
4.Modal yang tidak sedikit. Modal wajibnya adalah komputer dan jaringan internet. Akan tetapi jika kita mengingikan mengembangkan bisnis online maka kita harus membeli domain, gosing dan membeli e-book dan produk affiliasi dan lainnya.
5.Penguasaan bahasa asing. Kebanyakan program berasal dari luar. Tidak perlu harus pandai dalam conversation. Asal bisa pasif bahasa Inggris, bisa mengerti maksud suatu wacana sudah cukup.
6.Banyak terjadi penipuan (Scam). Jangan cepat terbujuk dengan komisi yang ditawarkan, banyaklah mencari informasi di internet tetang bisnis tersebut.

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar